Sabtu 21 Nov 2015 00:01 WIB
Serangan Teror Paris

Sosok Omar, Pengebom Bataclan yang Pertama Teridentifikasi

Warga mendoakan korban serangan Paris.
Foto: AP Photo/Mindaugas Kulbis
Warga mendoakan korban serangan Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, COURCOURONNES -- Courcouronnes adalah daerah pinggiran Paris dimana Omar Ismail Mostefai dibesarkan. Salah satu pelaku penyerangan Paris di gedung konser Bataclan yang meledakkan diri itu dikenal sebagai anggota geng anak-anak muda di sana.

Sosoknya tak beda jauh dengan Abdelhamid Abaaoud. Muda, kerap berkeliaran tak tentu arah, bergaul dengan obat-obatan dan akrab dengan tindak kriminal.

Daerah Courcouronnes terkenal dengan jalanan gelapnya dimana kekerasan geng rutin terjadi. Salah satu mantan anggota geng menceritakan kisahnya ketika masih kenal dekat dengan Omar.

Mantan anggota geng itu ingin dipanggil Dominic oleh jurnalis BBC James Longman. Ia menunjukan ponselnya sambil mencari-cari video Omar.

"Saya akan menunjukan Omar padamu," kata Dominic.

Sebuah video di ponsel itu kemudian diputar. Isinya menampilkan seorang pria berkulit putih dengan wajah tertutup sedang menari mengikuti musik. Dominic kemudian menghentikan video ketika seorang pria di dalamnya mengacungkan senjata. "Ini dia," tambahnya.

Tidak jelas wajah pria itu tapi Dominic yakin itu Omar. Dulu mereka adalah rekan yang akrab dan sering menghabiskan waktu bersama dengan anggota geng lain. Video-video yang ditunjukan Dominic menunjukan hidup mereka adalah seputar kesetiaan pada rekan satu geng dan solidaritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement