Selasa 19 Jul 2011 09:06 WIB

Terlibat Skandal Penyadapan Telepon, Petinggi Kepolisian Inggris Undur Diri

Red: cr01
John Yates
Foto: guardian.co.uk
John Yates

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Di tengah kerasnya gelombang tekanan atas kasus skandal penyadapan telepon, Asisten Komisaris Kepolisian Metropolitan Inggris, John Yates, mengundurkan diri pada, Senin (18/9).

"Siang ini, Asisten Komisaris John Yates telah menunjukkan niatnya untuk mengundurkan diri ke kursi Otoritas Kepolisian Metropolitan," kata Scotland Yard dalam sebuah pernyataan.

"Pengunduran diri ini telah diterima. Asisten Komisaris Yates akan membuat pernyataan sore nanti," tambah pernyataan tersebut.

Yates telah banyak dikritik karena memutuskan untuk tidak membuka kembali investigasi terhadap penyadapan telepon oleh News of the World pada 2009.

Pengunduran dirinya datang setelah Komisaris Kepolisian Metropolitan, Paul Stephenson, mundur sehari sebelumnya, Ahad (17/7). Stephenson undur diri karena skandal yang sama, sebuah skandal yang telah mengguncang arena politik dan media-media Inggris.

Skandal ini juga telah memaksa Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk meminta parlemen menggelar sidang darurat Senin kemarin.

sumber : Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement