Kamis 22 Mar 2012 21:21 WIB

Milad Kim Il Sung Dirayakan di Uzbekistan

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan
Warga Korea Utara berkumpul di depan monumen pemimpin besar mereka Kim Il Sung
Foto: AP
Warga Korea Utara berkumpul di depan monumen pemimpin besar mereka Kim Il Sung

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG — Sebuah pameran foto yang berlangsung mulai 17 Maret di gedung Asosiasi Orang Tua untuk Tradisi Budaya Korea di Uzbekistan, digelar untuk menandai seratus tahun kelahiran pendiri Korea Utara, Kim Il Sung.

Pada layar di tempat pameran tersebut menunjukkan foto prestasi abadi ‘Presiden Kim Il Sung’ dan pemimpin Kim Jong Il untuk dilakukannya reunifikasi nasional dan pergerakan yang dilakukan rekan-rekannya di luar negeri, serta foto yang menunjukkan perkembangan doktrin Songun, yang merupakan buah pikirin Kim Jong Il di Korea Utara.

Hadir dalam pameran tersebut sebagai undangan adalah para pejabat dari asosiasi pengelola gedung, rekan, dan anggota staf kedutaan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK).

Ketua Asosiasi Orang Tua untuk Tradisi Budaya Korea, Ju Yong Il, dalam pidatonya mengatakan, peringatan ulang tahun kelahiran ke-100 Kim Il Sung, dijadikannya sebagai ajang merindukan foto bapak bangsa tersebut yang berjuang demi bangsa dan negara.

“Kim Il Sung, pendiri paham sosialis Korea Utara, telah menyelamatkan negara dan rakyatnya dari penjajahan imperialis Jepang,” kata Ju sebagaimana dilansir Korean Central News Agency, Kamis (22/3)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement