Selasa 03 Apr 2012 07:47 WIB

Suu Kyi Harapan Baru Bagi Rakyat Myanmar

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
 Pemimpin perjuangan demokrasi di Myanmar, Aung San Suu Kyi.
Foto: AP
Pemimpin perjuangan demokrasi di Myanmar, Aung San Suu Kyi.

REPUBLIKA.CO.ID, MYANMAR -- Kemenangan Aung San Suu Kyi nyatanya tak hanya membawa udara segar bagi demokrasi di Myanmar. Namun kemenangan Suu Kyi bersama partainya juga membawa banyak harapan baru bagi rakyat Myanmar, khususnya di wilayah terpencil.

Jika hasil pemilu di Myanmar telah di konfirmasi, rencananya Suu Kyi akan mewakili sebuah daerah di distrik Khamu. Wilayah tersebut dipenuhi kehidupan para petani dengan padi yang terus tumbuh. Namun di daerah tersebut pula ditempati oleh mayoritas suku Karean, yang hidup dalam keterbatasan ekonomi.

Di Myanmar para politisi yang memenangkan pemilu memiliki hak untuk memilih daerah yang akan mereka wakili dalam pemerintahan. Suu Kyi menganggap pemilihan distrik Khamu sebagai salah satu cara untuk mempersatukan keberagaman di Myanmar.

“Kami berharap ini adalah awal dari era baru, dimana akan lebih ada penekanan setiap harinya pada orang-orang dalam politik negeri ini,” ujar Suu Kyi seperti dilansir CBS News.

Aye Ko dan istrinya salah satu warga yang tinggal di distrik Khamu menuturkan harapan atas menangnya Suu Kyi. Selama ini keluarga tersebut meraih penghasilan 30 dolar per bulannya, mereka tak mampu membeli traktor sehingga harus mengolah lahan mereka secara manual. Keluarga ini berhenti membangun rumah untuk biaya anak-anak mereka sekolah. Listrik untuk rumah mereka pun hanya berasal dari aki mobil.

“Jika terjadi perubahan politik di negara ini, mungkin hidup saya juga bisa menjadi lebih baik,” kata Aye Ko.

sumber : CBS News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement