Kamis 26 Apr 2012 01:41 WIB

Lagi, Dua Agen AS Mundur Terkait Skandal Seks di KTT Amerika

Petugas Dinas Rahasia AS
Petugas Dinas Rahasia AS

REPUBLIKA.CO.ID, Badan intelijen Amerika Serikat (CIA) mengatakan, dua lagi agennya telah mengundurkan diri menyusul skandal seks jelang KTT Amerika di Kolombia. Sebelumnya, tercatat sudah enam agen mengundurkan diri. Seluruhnya 12 orang agen diinvestigasi dalam skandal tersebut.

Diduga mereka membawa masuk pelacur Kolombia ke kamar hotel mereka ketika berlangsung KTT Pan-Amerika minggu lalu. Di televisi Presiden Barack Obama melukiskan agen-agen itu sebagai "tolol".

Menurut pejabat setempat, semua tentara yang terlibat dalam skandal tersebut terdaftar sebagai anggota Dinas Rahasia, dan bukan pejabat.

Jumlah keseluruhan tersangka dalam kasus skandal itu masih berubah, menurut kolonel AU yang bertugas memimpin pengumpulan fakta penyelidikan di Cartagena, kata pejabat tersebut.

Pemerintah AS melakukan dua penyelidikan terkait skandal tersebut, yaitu penyelidikan militer oleh Southern Command dan penyelidikan terpisah oleh Dinas Rahasia.

Sekitar 20 perempuan diajak ke hotel di Kolombia, yang menjadi tempat dugaan agen Dinas Rahasia dan pasukan militer AS mengundang pekerja seks ke kamar mereka, kata Senator Susan Collins, Selasa (17/4).

Susan Collins, politikus dari Partai Republik yang menjabat urusan Keamanan Dalam Negeri dan Urusan Pemerintah, mengatakan bahwa dia diberitahu oleh Direktur Dinas Rahasia Mark Sullivan, Senin malam (16/4).

sumber : radioaustralia.net.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement