Rabu 02 May 2012 06:07 WIB

Meski Dikecam, IMF Tetap Tolak Bekukan Keanggotaan Iran

IMF
Foto: www.topnews.in
IMF

REPUBLIKA.CO.ID, Dana Moneter Internasional (IMF) menolak seruan dari kelompok AS anti-Iran untuk memutuskan hubungan dengan Bank Sentral Iran sebagai bentuk kepatuhan atas sanksi AS dan Uni Eropa.

IMF mengatakan, kewajibannya di Bank Markazi Iran hanya terkait dengan keanggotaan Teheran di IMF dan tidak bertentangan dengan sanksi untuk mencegah pengembangan program nuklir Republik Islam.

Serikat Anti-Nuklir Iran (UANI) mengatakan bahwa IMF perlu menutup rekening Bank Markazi atau menangguhkan keanggotaan Iran di lembaga itu.

Kelompok itu juga mengkritik Ketua IMF Christine Lagarde atas pertemuannya dengan pemimpin Bank Markazi selama sidang IMF bulan lalu di Washington dan pujian Lagarde terhadap Iran dan Bank Markazi.

"IMF harus berhenti memperlakukan Iran seperti pemerintah yang bertanggung jawab pada saat masyarakat internasional sedang mencoba untuk mengisolasinya," tegas mereka.

Sementara itu, juru bicara IMF William Murray mengatakan, IMF sama sekali tidak melakukan kebijakan ilegal dan hanya menjalankan kewajibannya terhadap semua negara anggota. "Jadi, tidak ada sanksi Uni Eropa atau AS yang dilanggar oleh pengaturan tersebut," tambahnya.

UANI adalah kelompok yang terdiri dari mantan diplomat AS, para pejabat keamanan, akademisi dan lain-lain, yang ditujukan untuk meningkatkan tekanan terhadap Iran. Mark Wallace, mantan Duta Besar AS untuk PBB, adalah presiden kelompok itu.

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement