Sabtu 12 May 2012 21:48 WIB

Marinir Uni Eropa Bebaskan Kapal Pengkap Ikan Iran di Somalia

Bajak laut Somalia ketika beraksi mencegat mangsa.
Foto: AP
Bajak laut Somalia ketika beraksi mencegat mangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Kapal angkatan laut Uni Eropa menyelamatkan satu kapal penangkap ikan Iran yang digunakan para perompak Somalia sebagai "kapal utama" bagi serangan terhadap kapal lainnya, kata Pasukan Angkatan Laut UE, Sabtu.

Pasukan Angkatan Laut Uni Eropa (EU NAVFOR) mengatakan kapal pergatnya HNLMS Van Amstel menyelamatkan kapal itu serta 17 awak Irannya di lepas pantai Somalia. Sebelas orang yang diduga perompak berada di kapal Iran itu.

Kapal itu dibajak 10 hari sebelumnya dan sedang digunakan untuk melakukan serangan pembajakan terhadap kapal-kapal niaga," katanya dalam satu pernyataan.

Para perompak Somalia menggunakan lebih banyak kapal-kapal lebih kecil untuk melancarkan serangan karena mereka lebih sulit dilacak ketimbang kapal-kapal lebih besar.

Kapal Iran itu dipergoki oleh satu pesawat pengintai,kata EU NAVFOR. Kapal itu menarik dua sampan kecil tampaknya membawa senjata yang digunakan untuk menyerang kapal-kapal.

Kendatipun peringkat keberhasilan bagi para perompak Somalia menurun tajam dalam bulan-bulan belakangan ini, bandit-bandit laut itu membajak satu kapal tangki milik Yunani yang mengangkut hampir satu juta barrel minyak mentah Kamis, ketika sedang berlayar di Laut Arab.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement