Rabu 06 Jun 2012 15:53 WIB

Digigit Laba-laba, Dua Orang Tewas

Rep: Gita Amanda/ Red: Heri Ruslan
Laba-laba beracun
Foto: Washington Post
Laba-laba beracun

REPUBLIKA.CO.ID, GAUHATI -- Masyarakat di timur laut India dikejutkan oleh penemuan laba-laba jenis baru. Laba-laba ini diduga beracun, karena dua orang dinyatakan tewas akibat gigitannya.

Namun otoritas kesehatan India masih menyelidiki lebih lanjut masalah ini. Sebab kedua korban sempat mendapat pengobatan dari dukun setempat sebelum meninggal.

Pejabat kesehatan masih menyelidiki apakah kematian korban akibat racun laba-laba atau dari pengobatan yang dilakukan dukun. Sayangnya, hakim setempat tak dapat melakukan otopsi karena kedua jenazah di kremasi.

Sementara itu, menurut Dr Anil Phapowali, tujuh korban lain yang terkena gigitan telah diobati dengan antibiotik untuk mengatasi infeksi. Mereka sebelumnya juga mengeringkan luka dengan pisau cukur.

Ekolog LR Saikia dari Universitas Dibrugarh Assam, mengatakan, ini mungkin merupakan spesies baru tarantula yang belum teridentifikasi. Laba-laba ini seukuran ibu jari dan masih terus diselidiki.

Sementara itu, penduduk desa terus menjaga rumah mereka dari masuknya laba-laba. Mereka berjaga dengan membawa lampu untuk mengusir laba-laba. Ada sekitar 100 ribu warga yang tinggal di wilayah tersebut. Mereka merupakan penduduk miskin dan sebagian besar bekerja sebagai petani padi.

Pejabat kesehatan India mengatakan, sekitar satu bulan lalu laba-laba berbulu ditemukan di daratan berumput sekitar Tinsukia dan hutan lebat di utara Sungai Brahmaputra. Bahkan para pejabat mengatakan, laba-laba juga muncul di selatan Brahmaputra.

sumber : Washington Post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement