Selasa 11 Sep 2012 17:43 WIB

Universitas Terbaik Dunia tak Lagi Cambridge, tapi MIT

Universitas Cambridge
Foto: dailymail
Universitas Cambridge

REPUBLIKA.CO.ID, Universitas Cambridge kini tak lagi menduduki universitas nomor wahid sejagat. Universitas Inggris ini disalip oleh 'rival' Amerika mereka Massachusetts Institute of Technology (MIT).

MIT tahun lalu menduduki peringkat ketiga, sedangkan Oxford masih diperingkat lima dalam daftar terbaru yang disusun QS World University Rankings.

University College London juga menyodok ke peringkat empat, satu strip lebih tinggi dari Oxford dari posisi ketujuh tahun lalu. Sedangkan Imperial College London masuk ke peringkat enam yang berarti untuk pertama kalinya dalam empat dari enam universitas terbaik di dunia ada di Inggris.

Harvard yang memegang posisi puncak selama enam tahun antara 2004-2009 berada di peringkat tiga tahun 2012. QS World University Rankings disusun dengan menggunakan enam indikator : reputasi akademis, reputasi pekerja, rasio dosen per mahasiswa, fakultas internasional, rasio mahasiswa internasional dan jurnal per fakultas.

John O'Leary, editor Times Good University Guide, mengatakan kepada surat kabar Times, "Sangat penting bahwa universitas Inggris mempertahankan posisi mereka di antara para pemimpin di dunia baik untuk penelitian dan perekrutan mahasiswa internasional."

Daftar 10 Universitas terbaik di dunia

1. MIT (3)

2. Cambridge (1)

3. Harvard (2)

4. University College London (7)

5. Oxford (5)

6. Imperial College London (6)

7. Yale (4)

8. University of Chicago (8)

9. Princeton (13)

10. California Institute of  Technology (12)

sumber : dailymail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement