Senin 22 Oct 2012 09:02 WIB

Menteri India: Tidak Ada Toilet, tak Ada Mempelai Wanita

Toilet Umum (ilustrasi)
Foto: kenleewriters.com
Toilet Umum (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- "Tak ada toilet, tak ada mempelai perempuan!" Itu lah pesan paling akhir dari seorang menteri senior India.

Pada Ahad (21/10), menteri itu mendesak kaum perempuan di negara Asia Selatan tersebut untuk tidak menikah dengan anggota keluarga yang tak memiliki toilet di rumah mereka.

"Jangan menikah dengan orang di rumah yang tak memiliki toilet," kata Menteri Kebersihan, Perairan dan Pembangunan Pedesaan India, Jairam Ramesh, di negara bagian Rajasthan, India utara.

Ramesh menambahkan berkonsultasi lah dengan ahli astrologi mengenai 'rahu-ketu' (posisi planet) untuk mengetahui kecocokan bintang sebelum menikah.

''Kalian juga mesti melihat apakah ada toilet di rumah calon mempelai pria kalian sebelum kalian memutuskan untuk menikah,'' katanya seperti laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Ramesh sebelumnya telah melontarkan kontroversi dengan mengatakan India memiliki lebih banyak kuil daripada toilet. Ucapannya memicu protes dari pegiat sayap-kanan Hindu di seluruh negeri tersebut.

sumber : Antara/Xinhua-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement