Selasa 18 Dec 2012 20:45 WIB

Presiden Afsel Menang Mutlak di Pemilihan Pemimpin ANC

Jacob Zuma
Foto: Reuters
Jacob Zuma

REPUBLIKA.CO.ID, BLOEMFONTEIN -- Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, mencetak kemenangan mendebarkan dalam pemilihan kepemimpinan ANC, Selasa (18/12). Kemenangan itu membuka jalan baginya untuk memimpin ekonomi terbesar Afrika itu sampai 2019.

Dilaporkan AFP, Zuma meraih 2.983 dari 3.977 suara yang diberikan pada konferensi partai di Bloemfontein, membuatnya memungkinkan favorit untuk mempertahankan kursi kepresidenan setelah pemilihan umum 2014. Penantangnya, Wakil Presiden Kgalema Motlanthe, memenangkan 991 dari jumlah suara yang ada.

Pengusaha Cyril Ramaphosa memenangkan wakil ketua partai dengan 3.018 suara dalam pemilihan tiga cara itu. Kemenangannya menempatkan dia untuk menjadi calon penerus Zuma dan presiden negara itu.

Pemungutan suara berlangsung meskipun konferensi terancam oleh sayap kanan garis keras. Polisi mengatakan empat pria ditempatkan untuk menyerang pertemuan, yang dihadiri oleh sebagian besar pemerintah Afrika Selatan. Orang-orang itu kini didakwa melakukan tindakan makar dan terorisme.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement