Jumat 25 Jan 2013 08:13 WIB

Iran Siap Luncurkan Kapal Tanker Minyak Buatan Sendiri

Minyak Iran
Foto: presstv
Minyak Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pejabat industri galangan kapal Iran mengatakan negara itu akan meluncurkan kapal tanker minyak besar pertama produksi dalam negeri bulan depan.

 

Managing Director Kapal dan Lepas Pantai Industries Co Complex Iran (ISOICO) Hamid Rezaeian Kamis (24/1) mengatakan, Kapal tanker minyak itu berukuran panjang 186 meter dan lebar 32 meter serta tinggi 16 meter dengan kemampuan mengangkut 35.000 ton produk minyak senilai 29 juta dolar AS.

 

"Kapal tanker tersebut diproduksi atas pesanan Perusahaan Tanker Nasional Iran (NITC) dan akan dikirimkan pada tahun kalender Iran mendatang (mulai 21 Maret 2013), " tutur Rezaeian seperti dilansir kantor berita Irna.

 

Republik Islam Iran mencapai kemajuan signifikan dalam industri kelautan dan pembuatan kapal selama beberapa tahun terakhir, dan kini telah mengembangkan proyek-proyek domestik dan internasional.

 

Salah satu proyek terbaru galangan kapal Iran  adalah kapal tanker Aframax pertama yang dibuat atas pesanan perusahaan minyak nasional Venezuela, PDVSA, pada bulan Oktober 2012.

 

Tanker Aframax adalah salah satu dari empat kapal tanker yang dipesan perusahaan Venezuela dan dibangun oleh Perusahaan Industri Kelautan Iran (Sadra).

 

Kapal tanker Aframax adalah kapal minyak lebih kecil dengan bobot mati 120 ribu metrik ton dan luas sekitar 32.31 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement