Selasa 19 Feb 2013 12:22 WIB

Tengkorak 'Alien' Ditemukan di Meksiko

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Penemuan tengkorak berkepala mirip Alien
Foto: Red Orbit
Penemuan tengkorak berkepala mirip Alien

REPUBLIKA.CO.ID, SONORA -- Arkeolog menemukan tengkorak yang berbentuk kerucut seperti alien dalam kuburan berusia seribu tahun di Meksiko. Tengkorak yang berasal dari 945 Masehi hingga 1308 Masehi tersebut ditemukan secara tidak sengaja saat menggali sistem irigasi di barat laut Sonora di Meksiko.

Cristina Garcia Moreno yang bekerja pada proyek Universitas Negeri Arizona menjelaskan ada 13 dari 25 tengkorak yang ditemukan memiliki bentuk kepala kerucut. "Kami tidak mengetahui mengapa populasi ini memiliki bentuk lain dalam kepalanya," ujarnya seperti dilansir ABC News.

Lokasi penemuan yang dikenal dengan El Cementerio ditemukan pada 1999. Namun, tim peneliti baru selesai mengenalisis semua sisa kuburan pada November 2012. 

Mereka berencana melanjutkan penelitian musim depan. Arkeolog juga menemukan artefak di situs tersebut seperti liontin, cincin hidung, dan perhiasan.

Mereka mengatakan deformasi (perubahan bentuk) tengkorak manusia merupakan bagian dari ritual kuno yang terjadi seribu tahun lalu. Deformasi dilakukan dengan mengikat kepala seseorang antara dua balok kayu untuk menekan tengkorak.

"Deformasi digunakan masyarakat yang berbeda di dunia sebagai praktik ritual atau untuk membedakan status dalam suatu kelompok atau kelompok sosial, " ungkap Moreno.

Meski demikian, alasan mengapa orang-orang di El Cementerio memiliki bentuk tengkorak kerucut belum diketahui. Tim mengatakan banyak tulang yang digali merupakan milik anak-anak. 

Pemimpin tim tersebut percaya deformasi tengkorak mungkin merupakan tindakan berbahaya hingga menewaskan mereka. Chinook dari Northwest AS dan Choctaw dari Tenggara AS juga dikenal memiliki ritual deformasi tengkorak. 

Moreno mengatakan orang-orang dengan kepala kerucut di Meksiko ingin membedakan diri dari orang lain. Kemungkinan, mereka juga ingin membedakan diri dari satu kelompok dari kelompok lainnya. n Nur Aini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement