Senin 15 Apr 2013 08:06 WIB

Hari Ini Perang 100 Tahun Inggris dan Prancis Dimulai

Rep: Niken Paramitha Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto
Perang 100 tahun antara Inggris dan Prancis
Foto: Historia
Perang 100 tahun antara Inggris dan Prancis

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, 15 April 1337 perang Kerajaan Inggris melawan Kerajaan Prancis dimulai. Perang yang dinamakan Perang 100 tahun ini mengubah peta Eropa keseluruhan.

Perang Seratus Tahun adalah sebuah konflik bersenjata sepanjang 116 tahun. Meski perang ini berlangsung sepanjang masa kekuasaan lima raja Inggris dan lima raja Prancis (Valois), masa ini bukanlah peperangan yang terjadi terus-menerus, melainkan rangkaian kampanye yang dipisahkan kadang oleh masa gencatan senjata yang panjang atau konflik bertekanan tinggi, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Perang ini kebanyakan terjadi di Prancis, dan meski ia mirip sebuah perang saudara Prancis maupun konflik internasional, sejarawan Philippe de Vries memperkirakan perang ini telah "terjadi pada sekitar tingkat provinsi".

Fernand Braudel, yang mengutipnya, menambahkan bahwa "Inggris berperan sebagai sebuah provinsi (atau sekelompok provinsi) dalam unit Inggris-Perancis" yang merupakan medan perang sekaligus sebuah hadiah.

Perang ini penting karena penggunaan senjata dan taktik baru yang mengakhiri zaman ksatria, kehadiran pasukan tentara pertama di Eropa Barat sejak masa Kekaisaran Romawi Timur, perubahan dalam peran para orang-orang bijak dan rakyat miskin, dan perkembangan penting dalam pertumbuhan bangsa dan monarki baru secara rata-rata. Perang ini sering dipandang sebagai salah satu konflik terpenting dalam peperangan zaman pertengahan.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement