Rabu 26 Jun 2013 06:37 WIB

Bahas Suriah, Menlu AS-Rusia Akan Bertemu

Menlu AS, John Kerry
Foto: AP PHOTO
Menlu AS, John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, dan Menlu Rusia, Sergei Lavrov, akan bertemu pekan depan untuk membahas situasi di Suriah yang dilanda perang.

"Telah diberi tahu bahwa pertemuan Menlu Lavrov dan Menlu Kerry akan diadakan pekan depan," kata PBB, Selasa (25/6), dalam satu pernyataan setelah pembicaraan di Jenewa antara para diplomat senior AS, Rusia dan PBB yang bertujuan membuka jalan bagi konferensi perdamaian internasional baru mengenai Suriah.

"Diskusi-diskusi yang konstruktif, dan terfokus pada cara-cara untuk memastikan bahwa Konferensi Jenewa tentang Suriah dapat berlangsung dengan peluang terbaik untuk sukses," kata pernyataan itu yang dilansir dari AFP, Rabu (26/6).

Pertemuan itu adalah yang kedua di bulan ini antara utusan perdamaian PBB untuk Suriah Lakhdar Brahimi dan Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov dan Mikhail Bogdanov serta Wakil Menlu AS untuk Urusan Politik Wendy Sherman.

Konferensi yang disebut Jenewa 2 itu untuk menindaklanjuti pertemuan awal di kota Swiss tahun lalu. Hasil pertemuan saat itu adalah rencana transisi untuk Suriah tidak pernah dilaksanakan. Pertemuan kedua itu awalnya telah ditetapkan pada bulan ini, kemudian diundurkan Juli.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement