Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Maduro Tunjuk Perempuan Jadi Menteri Pertahanan Venezuela

Sabtu 06 Jul 2013 22:21 WIB

Red: Mansyur Faqih

Carmen Melendez

Carmen Melendez

Foto: AVN

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Venezuela menunjuk laksamana Carmen Melendez sebagai menteri pertahanan. Pembantu dekat Hugo Chavez itu pun menjadi perempuan pertama yang menjadi menteri pertahanan. Reuters melaporkan, dia dilantik dalam satu upacara di museum militer yang menjadi tempat peristirahatan terakhir mendiang pemimpin sosialis itu.

Tahun lalu, Melendez menjadi laksamana perempuan pertama di negara Amerika Selatan itu. Kini, ia mengambil alih kementerian pertahanan dari Diego Molero. "Di sini, di mana mendiang komandan kita dipusarakan, saya memutuskan untuk menunjuk komando tinggi militer baru," kata Presiden Nicolas Maduro dalam pidato yang disiarkan langsung semua jaringan TV lokal.

"Saya sudah memutuskan untuk menunjuk seorang perempuan untuk memimpin kementerian pertahanan untuk pertama kalinya, Carmen Melendez, prajurit dari Tanah Air ini."

Maduro menang tipis dalam pemilihan presiden pada April setelah mentornya Chavez meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya selama dua tahun. Perombakan angkatan bersenjata sudah lama diperkirakan.

Karena Maduro ingin mengkonsolidasikan posisinya di puncak koalisi kiri yang dibangun Chavez yang terdiri dari para perwira militer dan ideolog sosialis sampai pengusaha dan militan bersenjata. Apalagi, dalam pemerintahan Chavez, Melendez memainkan peran penting.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA