Kamis 18 Jul 2013 15:01 WIB

Mandela dan Istri Rayakan Pernikahan Mereka

Nelson Mandela dan Graca Machel pada 1996
Foto: EPA/Nic Bothma
Nelson Mandela dan Graca Machel pada 1996

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Saat Nelson Mandela memperingati hari jadi ke-95, Kamis, ia juga merayakan 15 tahun pernikahannya dengan Graca Machel --yang selama masa perawatan Mandela telah merebut perhatian seluruh negeri atas perilakunya yang tenang.

Selama enam pekan Machel tetap berada di samping ranjang rumah sakit untuk mendampingi suaminya sepanjang waktu. Ia melewatkan acara amal untuk Mandela bahkan tidak mengunjungi rumah mereka di Johannesburg.

Perempuan kelahiran Mozambik yang berusia 27 tahun lebih muda dari Mandela itu telah 15 tahun mendampingi Mandela dalam pernikahan mereka.

"Kami memastikan untuk saling berada di sisi yang lain karena sebelumnya kami adalah orang yang kesepian. Kita hanya hidup satu kali," katanya.

Machel menikah dengan Mandela pada 1998 atau 12 tahun setelah suami pertamanya, mantan presiden Mozambik, Samora Machel, meninggal dalam kecelakaan pesawat yang misterius.

Mandela saat itu telah bercerai dari istri pertamanya, Winnie, selama dua tahun tetapi sebelumnya dipisahkan selama 30 tahun akibat pemenjaraan.

"Ketika saya sendirian, saya sangat lemah," tutur presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan itu ketika membicarakan Machel pada 2007.

Dalam memperingati hari pernikahan itu, teman dekat dan pengacara Mandela, George Bizos, menggambarkan mereka sebagai "pasangan cinta".

"Mereka selalu berbahagia bersama," katanya kepada AFP.

 

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement