Jumat 06 Sep 2013 23:45 WIB

Mantan 'Bodyguard' Adolf Hitler Meninggal di Usia 96 Tahun

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Citra Listya Rini
Rochus Misch
Foto: the sun
Rochus Misch

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Mantan pengawal alias bodyguard Penguasa Jerman, Adolf Hitler yang bernama Rochus Misch telah meninggal pada usia 96 tahun, Kamis (5/9) kemarin. Banyak kisah tentangnya mulai dari seorang pengangkat telepon yang masuk sampai menemani detik akhir kematian Hitler di bangker.

Misch adalah pasukan tentara nazi berpangkat sersan. Dia merupakan salah satu orang yang mengetahui ambang kejatuhan kekuasaan Hitler. Dan dia bangga telah menjadi bagian dari sejarah tersebut.

Sekalipun pernah diwawancara oleh Associated Press (AP) pada 2005, dia tetap tidak ingin meminta maaf kepada publik karena pernah dekat dengan seorang manusia paling mengerikan di abad 20.

''Hitler bukan orang yang kejam, dia bukan monster, dia adalah manusia super,'' kata Misch ketika diwawancarai.

AP menyebutkan Misch hampir menangis ketika menceritakan kisah Joseph dan istrinya Magda Goebbels yang mengambil keputusan untuk membunuh enam anak mereka di bangker Berlin sebelum mereka juga melakukan bunuh diri sendiri. 

Tapi, Misch juga mampu tertawa terbahak-bahak menceritakan seorang teman keluarganya yang dilemparkan ke kamp konsentrasi Sachsenhausen dia luar Berlin.

Seperti dilansir ABCNews, Misch lahir pada 29 Juli 1917, di sebuah kota kecil bernama daerah Alt Schalkowitz tepatnya di Silesia, yang sekarang ini menjadi Negara Polandia, Misch menjadi yatim piatu pada usia dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement