Rabu 29 Jan 2014 12:01 WIB

Wow, Kamar Hotel Ini Bisa Diakses dari Smartphone Anda!

Rep: Nora Azizah/ Red: Nidia Zuraya
Sheraton Manhattan, salah satu jaringan Starwood Hotels and resort.
Foto: wwp.greenwichmeantime.com
Sheraton Manhattan, salah satu jaringan Starwood Hotels and resort.

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW YORK -- Anda punya smartphone? Jika ya, mungkin anda tak perlu lagi ke meja tamu untuk mengambil kunci kamar hotel pesanan.

Kira-kira itulah visi jaringan Starwood Hotels and resort. Hotel yang memiliki lebih dari 1.150 cabang hampir di 100 negara ini berencana untuk mengirim kunci digital pada ponsel tamu. Melalui sebuah aplikasi, tamu hotel dapat melakukan check-in. Jadi, tak perlu lagi melapor ke meja tamu.

Starwood Hotels & Resorts, berencana meluncurkan debut sistem kunci smartphone ini dalam tiga bulan ke depan. Dua hotel Aloft nya, yakni di lingkungan New York City dan Cupertino, California Harlem yang akan mendapatkan pelayanan perdana. Jika semua berjalan baik, teknologi ini bisa menjadi fitur untuk semua hotel di masa depan.

Seorang juru bicara hotel mengatakan, sistem ini akan kompatibel dengan smartphone iPhone terbaru. Jenis 4S ke atas dan perangkat Android terbaru memungkinkan untuk aplikasi ini. Nantinya aplikasi akan menggunakan teknologi Bluetooth untuk membuka ruangan dan memutar keran.

"Kami percaya ini akan menjadi standar baru ketika memasuki hotel," kata Frits van Paasschen, CEO Starwood, mengatakan kepada The Wall Street Journal yang dikutip CNN, Rabu (29/1). Starwood seolah menjadi rantai teknologi sekelas butik hotel karena memiliki tim digital sendiri. Ini akan menjadi sejarah inovasi teknologi untuk hotel dan resorts.

Bukan kali ini saja Starwood hotel melakukan inovasi teknologi. Tahun lalu, perusahaan meluncurkan sebuah sistem dengan mengembangkan tenaga surya di hotel nya. Indonesia kapan ya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement