Selasa 18 Feb 2014 21:30 WIB

Tony Abbott Sebut Indonesia Teman Australia

Rep: Alicia Saqina/ Red: Citra Listya Rini
Tony Abbott
Foto: Reuters/Dinuka Liyanawatte
Tony Abbott

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott mengatakan Indonesia merupakan sahabat Australia. Ia mengatakan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merupakan teman baik negaranya.

Dikutip dari ABC, Ahad (16/2), Abbott menjelaskan Australia sangat menghormati kedaulatan Indonesia. ‘’Kami ingin bekerja sama sedekat mungkin dengan Indonesia untuk menindak keras aksi penyelundupan manusia yang seperti kita semua ketahui hal itu sangat merugikan negara ini,’’ katanya.

Meski pemerintah Australia belum memberikan tanggapannya langsung terkait tindakan negaranya yang beberapa waktu lalu telah mengguncang bilateral kedua negara, namun Abbott optimistis hubungan Australia dengan Indonesia tetap akan berlangsung baik.

Abbott yakin antara Indonesia dengan Australia memiliki hubungan yang kuat. ‘’Itu adalah hubungan yang sangat penting,’’ ujarnya dalam wawancara Abbott dengan Radio ABC, Senin (17/2). 

Tak hanya Presiden SBY, Menlu Marty Natalegawa juga merupakan teman baik Australia. ‘’Saya yakin hubungan kami akan lebih kuat dan kuat lagi,’’ kata Abbott. 

Sebelumnya, Pemerintah Federal sendiri telah mengecam sang pelaku ‘pembocor rahasia’, Edward Snowden. Menlu Australia, Julie Bishop menyebut tindakan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) itu merupakan pengkhianatan yang belum pernah terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement