Rabu 26 Feb 2014 12:39 WIB

Buku 'Mein Kampf' Bertanda Tangan Hitler Dilelang

Adolf Hitler
Foto: redchurch.org.au
Adolf Hitler

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Dua jilid buku langka Mein Kampf yang dibubuhi tanda tangan pemimpin muda Nazi, Adolf Hitler akan dilelang di Los Angeles, Selasa (25/2).

Buku berisi dua jilid terdiri atas edisi pertama dan edisi kedua dari pemimpin politik Jerman itu akan dijual secara online untuk penawar tertinggi pada Kamis. 

Pelelang Nate D Sanders mengatakan, dua jilid buku itu ditandatangani oleh Hitler dan dipersembahkan bagi Josef Bauer. Ia merupakan anggota Nazi dari masa awal dan pemimpin Beer Hall Putsch yang pada 1923 menggulingkan pemerintahan Bavaria.

Hitler agaknya memberikan buku-buku tersebut kepada Bauer sebagai hadiah natal pada 1925 dan 1926. Buku itu pun disertai ucapan natal.

Mereka menyebut buku tersebut "Serangkaian buku bertandatangan yang sia-sia memperingatkan dunia mengenai tujuan Hitler". Ditambahkan, buku itu lebih menakutkan lagi karena ditandatangani oleh pemimpin Nazi.

Hitler muda menulis buku Mein Kampf yang artinya Perjuanganku saat berada di dalam penjara. Tujuannya, untuk menyampaikan doktrin politiknya serta menyalahkan kesengsaraan Jerman yang berada di bawah kelompok termasuk Yahudi dan Marxis.

Setelah Hitler mencapai kekuasaan pada 1933, jutaan jilid buku tersebut diterbitkan. Pada 1936, negara Nazi itu menghadiahkan buku tersebut kepada semua pengantin baru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement