Senin 31 Mar 2014 09:04 WIB

AS Rusia Gagal Capai Kesepakatan Soal Ukraina

Sergei Lavrov
Foto: AP
Sergei Lavrov

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Amerika Serikat dan Rusia Minggu gagal mencapai kesepakatan mengenai Ukraina, tetapi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pembicaraan-pembicaraan

di Paris dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah berlangsung "konstruktif" dan akan dilanjutkan.

Setelah empat jam diskusi, Lavrov mengatakan, kedua pihak telah menyampaikan rencana-rencana mereka untuk meredakan krisis, tetapi tidak setuju dengan apa yang telah menyebabkan hal itu.

Dia menegaskan keyakinan Rusia bahwa federalisme di Ukraina akan menjadi kunci untuk menemukan solusi Ukraina.

"Kami menyatakan posisi yang berbeda berdasarkan alasan-alasan krisis Ukraina" Kata Lavrov.

"Namun demikian kita sepakat mengenai perlunya untuk menemukan poin-poin kesepakatan guna mencapai sikap bersama untuk menyelesaikan krisis diplomatik ini," kata Lavrov kepada wartawan.

Dalam pandangan Rusia, solusi semacam ini akan melibatkan Ukraina menjadi negara bagian federal dan menjamin hak-hak minoritas warga Rusia, kata Lavrov menjelaskan.

"Kami yakin federalisme itu adalah unsur yang sangat penting dari reformasi konstitusi (yang harus dilaksanakan Kiev)," katanya.

"Kita harus menemukan konsensus, kompromi di antara wilayah-wilayah Ukraina.

"Terserah kepada rakyat Ukraina untuk menyelesaikan masalah ini. Otoritas di Kiev membentuk kondisi yang sama di tiap wilayah untuk berpartisipasi dalam sebuah proses reformasi konstitusi.

"Kami setuju (dengan AS) untuk bekerja dengan pemerintah Ukraina dan rakyat Ukraina dalam arti yang luas untuk memungkinkan tindakan-tindakan yang akan diambil di bidang-bidang prioritas, seperti: menjamin menghormati hak-hak minoritas, hak menggunakan bahasa, pembongkaran pasukan swasta dan para provokator serta pencapaian proses inklusif reformasi konstitusi."

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement