Kamis 03 Apr 2014 11:39 WIB

NASA Bekukan Kerja Sama dengan Rusia Kecuali ISS

Astronot AS dan Kosmonot Rusia saat berfoto bersama di luar angkasa.
Foto: Mashable
Astronot AS dan Kosmonot Rusia saat berfoto bersama di luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lembaga Antariksa AS, NASA, telah membekukan semua kontak dengan timpalannya dari Rusia, Roscosmos, kecuali kegiatan di pesawat Stasiun Antariksa Internasional (ISS), demikian surat internal yang disiarkan oleh jejaring berita antariksa AS, Spaceref, Rabu (2/4).

NASA menyatakan ketegangan AS-Rusia mengenai Ukraina dan Crimea menjadi dasar tindakannya.

"Pembekuan ini meliputi perjalanan NASA ke Rusia dan kunjungan oleh wakil Pemerintah Rusia ke instalasi NASA, pertemuan bilateral, surel, dan konferensi jarak jauh atau konferensi video," kata surat NASA itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis.

"Pada saat ini, hanya kegiatan operasional Stasiun Antariksa Internasional telah dikecualikan," katanya. Saat ini ada dua astronot Amerika di ISS.

Selain itu, pertemuan banyak pihak yang diselenggarakan di luar Rusia yang mungkin melibatkan keikutsertaan Rusia tidak dihalangi berdasarkan panduan saat ini, kata surat tersebut.

Pada Maret, Administratur NASA Charles Bolden telah berulang kali mengatakan kerja sama antariksa antara kedua negara takkan terpengaruh oleh ketegangan di Ukraina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement