Sabtu 12 Apr 2014 23:30 WIB

Ssttt, Kapal Cina Masuki Perairan Sengketa Dengan Jepang

Bendera Cina. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Bendera Cina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO-- Tiga kapal penjaga pantai Cina berlayar melewati wilayah perairan yang menjadi sengketa di lepas pantai kepulauan yang dikuasai Tokyo di Laut Cina Timur pada Sabtu pagi, kata pengawas pantai Jepang.

Kejadian itu merupakan yang paling akhir dari perseteruan sengit antara dua raksasa Asia. Kapal milik pemerintah Cina itu memasuki wilayah 12 mil laut dari lepas pantai kepulauan Senkaku yang diakui Cina sebagai kepulauan Diaoyu pada Sabtu sekitar pukul 9 waktu setempat dan meninggalkan daerah tersebut dua jam kemudian, katanya.

Kapal laut dan pesawat Cina sering menghampiri kepulauan di Laut Cina Timur --yang diperkirakan kaya sumber daya alam -- setelah Jepang meresmikan kepemilikkannya atas sejumlah pulau pada September 2012,

Kekhawatiran akan pertikaian yang meningkat, terjadi ketika pada November Cina memberlakukan Zona Indentifikasi Pertahanan atas Laut Cina dan mewajibkan seluruh pesawat yang melintasi wilayah udara tersebut untuk melapor.

Washington dibuat geram atas langkah tersebut dan mengatakan bahwa hal itu akan menimbulkan kekacauan di udara. Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengadakan pembicaraan dengan timpalannya di Jepang Itsunori Onodera pekan lalu dan memperingatkan menentang langkah sepihak Cina dalam menyelesaikan perseteruan dengan Jepang dan negara Asia lainnya.

Menteri Pertahanan Cina, yang membela negaranya pada Selasa, mengatakan bahwa Beijing tidak memulai "menimbulkan masalah" atas kepulauan sengketa itu dengan negara-negara tetangga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement