Sabtu 12 Jul 2014 22:35 WIB

Eksekutif Perempuan Yahoo Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Kantor Yahoo. Ilustrasi
Foto: venturebeat.com
Kantor Yahoo. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Seorang eksekutif perempuan di Yahoo.inc digugat mantan bawahannya atas tuduhan pelecehan seksual dan pemecatan sepihak.

Maria Zhang, direktur senior di Yahoo Mobile, digugat oleh Nan Shi, yang bekerja sebagai insinyur perangkat lunak di Yahoo sejak 2013 Februari 2013. Gugatan diajukan pada tanggal 8 Juli di pengadilan Santa Clara, California, demikian dilaporkan Reuters, Sabtu (12/7).

Dalam gugatan itu,  Zhang dituduh telah memaksa Shi melakukan sex secara lisan dan digital dalam beberapa kesempatan di Sunnyvale, California. Shi mengaku dijanjikan 'masa depan yang cerah' di Yahoo jika mau berhubungan intim dengan Zhang. Dalam gugatan itu Shi menuntut ganti rugi dan hukuman atas Zang dan menyebut Yahoo sebagai tergugat kedua.

"Tidak ada dasar atau kebenaran dalam tuduhan yang ditujukan kepada Maria Zhang," kata perwakilan Yahoo dalam pernyataannya melalui email. "Maria adalah eksekutif yang jadi contoh teladan dan kami akan berjuang membersihkan namanya."

Zhang, menurut keterangan profilnya di Linkedin, adalah pendiri perusahaan mobile Alike, yang diakuisisi Yahoo pada 2013. Dia bekerja untuk Microsoft dan Zillow sebelum bergabung dengan Yahoo.

Dalam gugatan tersebut, Shi juga menuduh Zhang secara tidak adil memberikan penilaian kerja buruk untuknya pada kuartal kedua dan ketiga 2013. Shi mengaku bagian sumber daya manusia di Yahoo tidak melakukan investigasi ketia ia mengadukan masalah itu.

Sebaliknya, menurut pengaduan tersebut, Shi harus menjalani cuti tanpa tanggungan dan akhirnya diberhentikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement