Senin 25 Aug 2014 11:30 WIB

Empat Kapal Cina Menyusup ke Perairan Jepang

Letak kepualauan Senkaku (dalam versi Jepang) yang disengketakan oleh Cina dan Jepang
Foto: WIKIPEDIA
Letak kepualauan Senkaku (dalam versi Jepang) yang disengketakan oleh Cina dan Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, NAHA -- Empat kapal Penjaga Pantai Cina menyusup ke perairan teritorial Jepang Ahad (24/8) pagi di dekat Kepulauan Senkaku, yang disengketakan di Laut Cina Timur, untuk pertama kalinya sejak 12 Agustus, kata Penjaga Pantai Jepang.

Kapal, yang diidentifikasi sebagai Haijing 2102, 2113, 2146 dan 2305 itu meninggalkan perairan tersebut pada sekitar dua jam kemudian. Kapal patroli Jepang memperingatkan kapal itu meninggalkan perairan, dengan salah satu kapal Cina menanggapi dengan pesan bahwa perairan itu milik Cina, menurut penjaga pantai.

Pulau-pulau kecil tak berpenghuni itu dikelola oleh Jepang, yang terletak di Laut Cina Timur sekitar 400 kilometer sebelah barat pulau utama Okinawa, diklaim oleh Cina dan Taiwan, yang masing-masing mereka sebut Diaoyu dan Tiaoyutai.

Sebelumnya, kapal penjaga pantai Cina berlayar ke perairan sengketa yang dikuasai Jepang di Laut Cina Timur. Sebuah laporan yang diterbitkan Selasa (19/8) mengatakan, kapal-kapal Cina sering terlihat di wilayah itu, dan kekhawatiran makin berkembang akan kemungkinan terjadi bentrok militer antara dua kekuatan Asia itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement