Kamis 25 Sep 2014 11:47 WIB

Dubai akan Bangun Replika Taj Mahal

Rep: c70/ Red: Erdy Nasrul
Taj Mahal
Foto: Pawan Sharma/AP
Taj Mahal

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Bangunan berkaca setinggi 20 lantai akan segera berdiri di tanah Dubai. Bangunan yang mirip Taaj Mahal India disebut Taaj Arabia. Konstruksi yang hampir mirip dengan bangunan bersejarah Taaj Mahal, Taaj Arabia akan diresmikan pada awal 2017.

"Ada penundaan karena kita tidak memiliki izin tertentu dari Pemerintah Kota Dubai. Kami berharap bisa mendapatkannya segera," kata Direktur Pengembang Taaj Arabia, Arun Mehra seperti dilansir dari //emirates247.com// pada (25/9). Ia menjelaskan pihaknya berencana memulai konstruksi bangunan pada akhir 2014. Dan target pekerjaan akan selesai pada akhir 2016.

Taaj Arabia akan menjadi bangunan raksasa pertama dengan struktur kaca di Dubai. Dengan fasilitas sebuah ruang perjamuan, ritel dan klub malam di ruang bawah tanah. Desain yang dirasa cukup unik itu, ternyata merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk para pekerja dan arsitek.

"Kami optimis proyek ini akan selesai pada akhir 2016 dan terbuka untuk umum pada awal 2017," ujar Mehra.

Taaj Arabia akan menjadi salah satu dari sekian banyak bangunan menakjubkan di Uni Emirat Arab (UEA). Dubai sendiri, sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Expo 2020 yang mulai pada Oktober 2020 sampai April 2021. Dan menargetkan menarik pengunjung lebih dari 25 juta orang untuk datang ke UEA.

"Global Link berencana melakukan soft launching komponen ritel dan perumahan dari Taaj Arabia pada akhir tahun atau awal tahun depan," tutur Mehra.

Mengenai pendanaan, Mehra mengungkapkan, perusahaan telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah investor. Taaj Arabia akan menjadi hotel bintang lima dengan 350 kamar. Dikelola oleh perusahaan perhotelan dan resort, India Leela Palaces.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement