Jumat 17 Oct 2014 20:39 WIB

John Kerry Pimpin Delegasi AS Hadiri Pelantikan Jokowi

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Winda Destiana Putri
John Kerry
Foto: ap
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Barack Obama mengumumkan susunan delegasi kepresidenan yang akan berkunjung ke Jakarta, Indonesia untuk menghadiri upacara pelantikan presiden terpilih Joko Widodo pada 20 Oktober 2014.

Menteri Luar Negeri John F Kerry akan memimpin delegasi tersebut. Dalam siaran pers Gedung Putih yang diterima Republika, Jumat (17/10), anggota delegasi kepresidenan terdiri dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Robert O Blake Jr, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Daniel R Russel, Direktur Peace Corps Carolyn Hessler-Radelet, Kepala Deputi Asisten Menteri Luar Negeri untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik sekaligus mantan Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel dan Deputi Asisten Menteri Pendidikan Internasional dan Pendidikan Bahasa Asing Mohamed Abdel-Kader.

Saat dikonfirmasi, Atase Pers Kedutaan besar AS John Johnson mengaku belum mengetahui agenda yang akan dilakukan Kerry dan delegasi selain menghadiri pelantikan presiden.

"Saat ini kami belum memiliki agenda yang jelas. Kami sedang mengerjakan detilnya," ujar Johnson saat dihubungi, Jumat.

Terkait adanya delegasi dari Peace Corps, Johnson mengatakan anggota delegasi dipilih oleh Gedung Putih. Saat ditanya apakah rombongan juga akan mendiskusikan mengenai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dia mengatakan belum mempunyai informasi tentang hal itu.

Namun, dia menambahkan akan melanjutkan hubungan baik dan kerjasama yang telah terjalin dengan pemerintah Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement