Rabu 22 Oct 2014 17:18 WIB

Penumpang dari Afrika Barat Hanya Diizinkan Mendarat di Lima Bandara AS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Julkifli Marbun
Pengobatan virus Ebola
Foto: VOA
Pengobatan virus Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat memberlakukan aturan bagi penumpang pesawat yang berasal dari tiga negara Afrika Barat.

Dilansir dari BBC, Rabu (22/10), penumpang dari Sierra Leone, Liberia dan Guinea yang terkena epidemi Ebola harus mendarat di bandara O'Hare di Chicago, John F Kennedy, Newark, Dulles di  Washington dan Atlanta. Di lima bandara tersebut penumpang akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang lebih lengkap.

Para penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya. Namun, para ahli memperingatkan langkah itu tidak akan berdampak besar. Langkah keamanan itu dilakukan menyusul kekhawatiran publik AS setelah tiga orang terinfeksi Ebola dan salah satunya meninggal.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Jeh Johnson mengatakan otoritas bekerja sama dengan maskapai untuk memperkenalkan aturan pembatasan itu untuk meminimalkan gangguan perjalanan. Tidak ada peenrbangan langsung dari AS ke Liberia, Sierra Leone atau Guinea.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan menggelar pertemuan darurat mengenai Ebola di Jenewa, Rabu (22/10). Dalam pertemuan tersebut dibahas apakah langkah tambahan diperlukan untuk memerangi epidemi di Afrika Barat.

Johnson mengatakan otoritas sedang berupaya mengidentifikasi penumpang yang bepergian ke salah satu dari tiga negara itu dalam 21 hari terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement