Senin 08 Dec 2014 13:52 WIB

Tokyo Perbanyak Pembangunan Kota Pintar

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Fujisawa SST Council, sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Panasonic Corp menjadi ujung tombak pengembangan Kota Pintar atau Fujisawa Sustainable Smart Town (Fujisawa SST). Rencananya, pembangunan kota pintar ini akan dikembangkan dari pinggiran Tokyo dan menjalar hingga ke seluruh wilayah ibu kota Jepang itu.

Kota Pintar ini akan mendukung pembangunan kota dan masyarakat berkelanjutan. Fujisawa SST sedang memasuki tahap konstruksi. Kota ini ke depannya akan menempatkan prioritas tertinggi pada gaya hidup pintar warganya.

Dilansir dari Japan Today, Senin (8/12), Fujisawa SST Square akan menjadi landmark utama Kota Pintar. Di sana akan ditempatkan berbagai spot-spot komunikasi untuk tempat berkumpulnya orang-orang.

Konsorsium menyediakan setidaknya lima layanan penting di kota, yaitu energi, keamanan, mobilitas, kesehatan, dan masyarakat. Perusahaan juga mengumpulkan dan mengelola berbagai informasi terkait dengan kota secara keseluruhan untuk mendukung kehidupan cerdas di kota.

Di Kota Pintar ini akan terdapat banyak square center dilengkapi kafe dan sudut dimana orang-orang bisa bersantai dengan hot spot internet. Ada juga square lab yang menjadi studio makanan dan kerajinan, juga menawarkan lokakarya interaktif bagi warga.

Square mobility menyediakan sarana transportasi ramah lingkungan. Di sini juga dibangun Shonan T-Site yang menjadi ajang tempat berkumpulnya warga di kota dengan warga di pinggiran sekitarnya. Di sana mereka bisa saling mengunjungi dan bertukar informasi.

Fujisawa SST telah mengatur zona perumahan yang bisa diakses oleh mobil ramah lingkungan. Dengan menggunakan mobil ramah lingkungan ini, warga bisa menikmati gaya hidup mereka tanpa perlu memiliki mobil pribadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement