Jumat 19 Dec 2014 07:27 WIB

Kalahkan Obama, Xi Jinping Jadi Pemimpin Terfavorit

Rep: c85/ Red: Mansyur Faqih
Xi Jinping
Foto: reuters
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebuah survei terbaru oleh Harvard Kennedy School menunjukkan, Presiden Cina Xi jinping masih menjadi pemimpin paling populer di dunia. Survei dilakukan terhadap 26 ribu responden di 30 negara. 

Hasilnya, ketika ditanya tentang pendapat mereka terhadap 10 tokoh pimpinan negara di selyuruh dunia, Xi Jinping keluar sebagai yang terfavorit.

"Presiden China Xi Jinping adalah pemimpin dunia yang dinilai menguasai berbagai bidang," tulis China Daily mengomentari studi yang diterbitkan oleh Ash Center for Democratic Governance and Innovation di Harvard Kennedy School dan dilakukan oleh perusahaan riset Jepang GMO. 

"Responden Cina menunjukkan kepercayaan tertinggi dalam hal bagaimana pemimpin mereka menangani urusan domestik dan internasional."

Di antara peringkat nasional, di mana orang menilai pemimpin mereka sendiri, Xi mendapat 9 dari 10, lebih tinggi daripada kepala negara lainnya, Sebanyak 94,8 persen warga Cina mengungkapkan keyakinan tentang bagaimana ia menangani urusan domestik, dan 93,8 persen mengatakan hal yang sama tentang hubungan internasional. 

Xi diikuti oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dengan skor (8,7), Perdana Menteri India Narendra Modi (8,6), Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (7), dan Kanselir Jerman Angela Merkel (6,7). Presiden AS Barack Obama berada di posisi ketujuh, hanya dengan skor 6.2.

Hanya 51,7 persen orang Amerika yakin tentang penanganan Obama urusan dalam negeri, sementara 49,1 persen mengatakan hubungan internasional yang sama mengenai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement