Selasa 30 Dec 2014 10:31 WIB

Ebola Ditemukan di Glasgow

Rep: c01/ Red: Esthi Maharani
Seorang relawan mempersiapkan suplai medis untuk dikirimkan ke daerah yang terserang virus Ebola.
Foto: AP Photo/Brennan Linsley/ca
Seorang relawan mempersiapkan suplai medis untuk dikirimkan ke daerah yang terserang virus Ebola.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW - Pekerja medis yang baru saja pulang dari Sierra Leone didiagnosis terkena Ebola. Saat ini pekerja medis tersebut sedang dirawat oleh rumah sakit di Glasgow, Skotlandia.

Wanita ini baru kembali dari Sierra Leone pada Ahad malam. Saat ini ia berada dirawat dalam ruang isolasi di Rumah Sakit Gartnavel, Glasgow. Selain melakukan perawatan terhadap pekerja medis tersebut, pemeritah juga melakukan investigasi terhadap kemungkinan kontak yang terjadi, terutama dalam penerbangan menuju Scotlandia melalui bandara Heathrow, Inggris. 

Sekretaris Departemen Kesehatan Inggris Jeremy Hunt mengkonfirmasi pekerja medis tersebut akan dibawa menuju unit spesialis di London. Pasien Ebola ini akan diterbangkan langsung dari Glasgow menuju Rumah Sakit Royal Free di London Utara. Diperkirakan pasien tersebut akan dipindahkan dalam semalam dengan menggunakan pesawat ambulans.

"Secepatnya," jelas Hunt. 

Rumah Sakit Royal Free memiliki unit isolasi spesialis. Di rumah sakit ini juga perawat asal Inggris William Pooley yang juga sempat terkena Ebola dirawat. William Pooley kemudian dapat berhasil pulih di bawah perawatan Rumah Sakit Royal Free.

Hunt juga menyatakan pemerintahan Inggris sedang melakukan semua yang harus dilakukan dan dibutuhkan untuk tetap membuat Inggris aman dan terlindungi dari Ebola. Selain ity, Hunt juga menyatakan bahwa Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) menangani pasien yang merupakan pekerja medis itu dengan baik segera setelah pasien tersebut mulai menunjukkan gejala Ebola.

"Kami juga sedang mengkaji prosedur dan protokol kami untuk para pekerja NHS lainnya yang saat ini sedang bekerja di Sierra Leone," lanjut Hunt. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement