Ahad 04 Jan 2015 18:15 WIB

Muslim Nigeria Peringati Maulid

Rep: C03/ Red: Erdy Nasrul
jamaah haji nigeria
Foto: AFP
jamaah haji nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- Umat muslim Nigeria antusias dan menyambut gembira peringatan maulid nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal pada Sabtu (3/1).

“Kami telah memulainya sejak hari pertama Rabiul Awal dengan membaca burdah (Sholawat dan Syair) untuk meyambut maulid nabi,” tutur anggota Tijanniyah Sufi, Mukadam Abdullahi Sabih seperti dilansir On Islam (4/1).

“Tapi untuk pertama kalinya di maulid tahun ini, kita akan mengadakan acara besar untuk menghormati ulang tahun nabi,” tuturnya.

Sementara itu di Kota Oshidi terlihat ribuan orang dari tarekat Tijanniyah Sufi beserta Ulama berkumpul untuk memperingati maulid nabi dengan menggelar ceramah keagamaan, dzikir, dan kegiatan lainnya. Acara ini sekaligus menjadi kegiatan awal di 2015 bagi tarekat Tijanniyah yang merupakan komunitas sufi atau tarekat yang memiliki jamaah terbesar di bagian utara dan selatan Nigeria. Bahkan Nigeria telah menyatakan libur nasional untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW pada Jum’at (2/1).

Sementara itu tarekat Qadiriyah di Nigeria juga akan mengadakan peringatan maulid nabi pada (10/1) di Abeokuta Ibukota barat daya Ogun. Di mana acara ini biasanya berlangsung selama seminggu dan bersamaan dengan beberapa acara seperti pernikahan dan wisuda penghafal Qur’an. “Maulid diharapkan menarik banyak pengunjung datang baik dari Nigeria maupun dari luar, dan setelah ini perayaan di tempat lain pun menyusul,” tutur Juru bicara Dahirat Qadiriyah, Utadz Muhammad Saheed.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement