Kamis 08 Jan 2015 17:22 WIB

Pendaki ini Selamat Gara-Gara Status Facebook

Rep: Gita Amanda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Pendaki menaiki puncak gunung, (Teresa May?Antara)
Pendaki menaiki puncak gunung, (Teresa May?Antara)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES-- Seorang pendaki tergelincir dari tebing setinggi 150 meter, saat mendaki bersama kedua putranya. Ia berhasil diselamatkan setelah petugas memeriksa status terakhirnya di jejaring sosial Facebook.

Dikutip dari Reuters, Ryan Pitchard (41 tahun) tengah mendaki Kawasan Satwa Liar Putah Creek dekat Danau Barryessa, 30 km timur Sacramento, bersama kedua putranya Jake (11 tahun) dan Devon (18 tahun). Tanpa disangka ia tergelincir karena menginjak batuan rapuh dan jatuh dari tebing sejauh 150 meter, dan mendarat di pohon.

Devon putra Ryan sempat kembali ke mobil mereka untuk mengambil peralatan, dan adiknya Jake berupaya menuruni tebing mengambil ponsel ayahnya lalu menelepon 911. Namun belum sempat memberi tahu lokasi akuratnya, telepon yang digunakan Jake terputus.

Juru bicara Sherrif Departemen Kepolisian Distrik Solano Daryl Snedeker mengatakan, 911 menghubungi mereka karena korban berada di wilayah hukum Solano. "Petugas pengganti kami mengambil informasi dan mencoba menentukan di mana subyek berada," ujarnya.

Kemudian Snedeker mengatakan, petugas magangnya Breanna Martinez yang memang berusia muda memiliki ide. Ia mencoba mencari nama Ryan di situs Google.

"Dia anak muda, sehingga media sosial menjadi hal pertama yang ia pikirkan. Ia mencari di Google, seperti yang dilakukan semua orang saat ini dan mengetik nama pria itu," kata Snedeker.

Google kemudian menggiring mereka ke laman Facebook Ryan. "Saya langsung mencari ke unggahan pertama yang menunjukkan foto kedua putranya dengan latar belakang Danau Berryessa. Di sana tertulis, hari ini "Mendaki Jalur Blue Ridge"." ujar Martinez.

Berkat usaha Martinez melacak melalui laman Facebook Ryan, pria tersebut berhasil ditemukan. Tim penyelamat pun mengirimkan helikopter ke lokasi kejaadian untuk menyelamatkan Ryan dari pohon, tempat ia tersangkut.

Keluarga Ryan mengatakan pada CBS Sacramento, Ryan kini dirawat di rumah sakit karena mengalami patah tulang, cedera kepala dan patah rahang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement