Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Karaoke "Halal" Mulai Hadir di Jepang

Ahad 22 Feb 2015 07:40 WIB

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Tempat karaoke

Tempat karaoke

Foto: karaokemachinesdetail-online.info

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Restoran serta usaha-usaha makanan di Jepang mulai tertarik untuk menjajakan menu halal. Ini dilakukan karena pertumbuhan pengunjung Muslim ke Jepang semakin meningkat. Selain restoran dan usaha makanan lain, jaringan Karaoke juga mulai mengikutsertakan menu-menu halal bebas alkohol dan daging babi dalam pelayanannya.

Operator jaringan karaoke box Manekineko, Koshidaka Co., membuka cabang pertamanya yang "ramah-Muslim" di dekat Stadion Nasional yang terletak di pusat Tokyo. Pembukaan cabang ini dilakukan pada Desember lalu.

Dilansir dari Asahi Shimbun, cabang karaoke "ramah-Muslim" ini menggunakan bahan-bahan makanan yang telah tersertifikasi kehalalannya. Cabang ini menyajikan daging ayam sebagai pengganti dari daging babi. Selain itu, cabang karaoke ini juga menyediakan ruangan untuk menunaikan ibadah shalat bagi para Muslim yang berkunjung.

Berdasarkan data dari entitas Muslim berbasis di Tokyo yang melakukan sertifikasi halal, Japan Islamic Trust, jumlah perusahaan yang mendaftarkan produknya untuk mendapat sertifikat halal meningkat. Peningkatan ini dapat terlihat dalam lima tahun terakhir. Peningkatan perusahaan yang mengajukan sertifikasi halal di Jepang mencapai 30 persen.

Pada Mei lalu, sekelompok pengusaha dan petani bahkan mendirikan perusahaan Food and Culture Kakehashi. Perusahaan gabungan yang terletak di Uruma, Prefektur Okinawa, ini memproduksi makanan siap saji dengan menggunakan bahan-bahan makanan bersertifikat halal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA