Rabu 04 Mar 2015 15:16 WIB

Ratu Elizabeth II Copot Gelar Kehormatan Rolf Harris

Rep: c66/ Red: Ani Nursalikah
Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratu Inggris Elizabeth II mencopot gelar kehormatan yang diberikan kepada Rolf Harris. Gelar kehormatan yang dianugerahkan pada 2006 ini ditanggalkan karena kasus kejahatan seksual yang diduga kuat dilakukan oleh entertainer asal Australia tersebut.

Harris pada Juli tahun lalu ditangkap atas tuduhan kasus pelecehan terhadap anak-anak perempuan di bawah umur. Dalam dakwaan dikatakan pria kelahiran 30 Maret 1930 ini melakukan tindak kriminal itu selama puluhan tahun, saat ia menjadi pembawa acara sebuah program anak-anak di televisi.

"Ratu Elizabeth II secara langsung meminta pengangkatan Harris sebagai Panglima Divisi Sipil tertinggi yang diberikan Kerajaan Inggris pada 17 Juni 2006 dibatalkan sekaligus dihapus," ujar pernyataan resmi dari Kerajan Inggris, Selasa (4/3).

Harris terkenal di era 1950-an. Karir awalnya adalah sebagai seorang musisi, kemudian merambah ke bidang seni lainnya, yaitu menjadi komedian, presenter, bahkan pelukis.

Pihak kepolisian Inggris menemukan bukti yang memberatkan Harris sebagai pelaku kejahatan seksual pada anak-anak setelah melakukan penyelidikan terhadap sederet selebriti lainnya. Sebelumnya, Jimmi Savile, pembawa acara di stasiun televisi BBC juga telah ditangkap atas kasus kejahatan serupa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement