Sabtu 21 Mar 2015 08:45 WIB

Demi Anak Lulus Ujian, Orangtua Ini Panjat Gedung Sekolah

Rep: C09/ Red: Ani Nursalikah
Siswa India (ilustrasi)
Foto: .mvdschool.com
Siswa India (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANHAR -- Orangtua murid di India mempertaruhkan hidupnya demi memastikan anak-anak mereka lulus sekolah. Mereka rela memanjat dinding gedung sekolah untuk memberikan kertas contekan lewat jendela ruangan kelas.

 

Dilansir dari 9news.com.au, Jumat (20/3), meski tampak tidak realistis, hal itu benar-benar terjadi di Manhar, India. Sebuah video merekam aksi puluhan orangtua murid yang memenuhi sekolah dan harap-harap cemas saat anaknya mengikuti ujian negara.

 

Lebih anehnya lagi, para orangtua itu tidak berusaha menyembunyikan apa yang mereka lakukan. Bahkan, pihak sekolah tidak ada yang berusaha meminta mereka turun dari gedung sekolah.

 

Meski demikian, video tersebut telah membuat pemerintah setempat malu dan merasa tidak mengawasi pendidikan dengan benar. Akibatnya, 600 siswa dikenakan sanksi atas tuduhan kecurangan dan beberapa orangtua juga ditangkap atas tuduhan yang sama.

 

Salah satu orangtua mengatakan, mereka tidak punya pilihan lain selain campur tangan dalam ujian. Sebab, menurutnya guru di kelas tidak mengajarkan anaknya apa-apa.

 

Menteri Pendidikan India PK Shahi mengatakan orangtua murid telah memberikan contoh buruk bagi generasi muda. “saya mengimbau orangtua menghentikan kecurangan untuk membantu pemerintah memastikan ujian berlangsung adil,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement