Jumat 17 Apr 2015 11:58 WIB

Veteran AU AS Dituduh Bergabung dengan ISIS

Rep: c 23/ Red: Indah Wulandari
Tairod Pugh
Foto: heavy.com
Tairod Pugh

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Seorang veteran Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) telah dituduh memberikan dukungan material pada militan Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Tairod Nathan Webster Pugh (47 tahun) yang berasal dari New Jersey diduga akan melakukan perjalanan ke Suriah dan bergabung dengan militan ISIS.

“Dia telah bekerja dan tinggal di Timur Tengah selama satu tahun sebelum penangkapannya,” kata soerang Jaksa, seperti diberitakan BBC News, Jumat (17/4).

Dokumen pengadilan menunjukan Pugh melakukan perjalanan ke Turki dalam upayanya menyeberang ke Suriah. Namun Pugh ditolak masuk di bandara.

Menurut pernyataan dari Kantor Jaksa AS, Pugh menjabat sebagai spesialis avionik dan mekanik di  Angkatan Udara AS. Setelah meninggalkan militer, Pugh menggunakan keahliannya pada beberapa perusahaan di AS dan Timur Tengah.

Tuduhan pada Pugh itu diumumkan pada Selasa (13/4) oleh Jaksa untuk Distrik Timur Ne York, Loretta Lynch. Pugh sendiri adalah warga negara AS yang lahir dan besar di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement