Jumat 08 May 2015 03:33 WIB

Ditemukan, Harta Karun Bajak Laut Abad 17

Rep: c23/ Red: Ani Nursalikah
Lempeng perak yang diduga merupakan milik bajak laut Inggris William Kidd
Foto: BBC
Lempeng perak yang diduga merupakan milik bajak laut Inggris William Kidd

REPUBLIKA.CO.ID, MADAGASKAR -- Penjelajah bawah air Madagaskar mengatakan mereka telah menemukan harta karun milik bajak laut Skotlandia terkenal, Wiliam Kidd. Harta itu diperkirakan telah ada sejak abad 17.

Perak seberat 50 kilogram berhasil dibawa ke tepi pantai di pulau Sainte Marie. Penjelajah asal Amerika Serikat yang juga ikut menemukan harta tersebut,  Barry Clifford percaya masih ada harta lain di bawah laut tersebut.

"Saya percaya masih ada lebih banyak perak di bawah sana seperti setelah kecelakaan kapal," kata Clifford, seperti dilaporkan BBC News, Kamis (7/5).

Clifford mengungkapkan saat menyelam di bangkai kapal, detektor logamnya menemukan sinyal. Tapi karena berlumpur, sulit baginya melihat benda apa yang dideteksi detektor logam tersebut. Ternyata yang dia temukan adalah harta milik bajak laut, Wiliam Kidd.

Wiliam Kidd awalnya ditunjuk pemerintah Inggris untuk mengantisipasi pembajakan. Namun, Kidd membelot dan akhirnya menjadi pembajak. Dia tewas dieksekusi pada 1701.

Duta Besar Inggris untuk Madagaskar Timothy berharap temuan harta karun tersebut akan membuat Madagaskar menjadi lokasi wisata yang semakin diminati. Temuan harta itu juga rencananya akan dimasukkan dalam museum oleh Presiden Madagaskar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement