Ahad 24 May 2015 14:03 WIB
Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya: Semoga Mereka Dilindungi Allah

Rep: Ahmad rozali/ Red: Agung Sasongko
Pengungsi etnis Rohingya di Aceh.
Foto: Reuters
Pengungsi etnis Rohingya di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BAYEUN -- Penyesalan berat dirasakan Hamituzen, salah seorang warga Muslim Rohingya yang mengungsi di Pos Bayeun, Aceh Timur. Betapa tidak, pria berusia 30 tahun ini sangat menyesal lantaran terpisah dengan anak dan istrinya yang masih tertinggal di Myanmar.

Ia mengungkap, kerusuhan sebelum keberangkatan membuatnya tidak bisa menemukan anak beserta istrinya. Bersama ratusan warga Muslim Rohingya lainnya ia meninggalkan negaranya dengan sebuah kapal kayu berukuran sedang.

“Saya ada istri dan satu anak di Myanmar,” kata Hamituzen kepada ROL, Ahad (24/5).

Terbata-bata dengan bahasa melayu yang ala kadarnya ia mengaku tak dapat menemukan isti dan anaknya. Bahkan dirinya tak bisa memastikan kondisi anak dan istrinya, apakah masih hidup atau sudah jadi korban pembantaian di sana.

Hamituzen mengungkap, Muslim Rohingya telah mengalami pembantaian sejak beberapa tahun terakhir. Ia menceritakan, besarnya diskriminasi terhadap umat Islam di Myanmar. Berbagai instansi baik pemerintahan, keamanan, dan instansi penting lainnya seolah tertutup bagi warga beragama islam.

“Polisi, Imigrasi, pemerintah tak ada Islam. Tak boleh. Semua Budha,” kata dia.

Puncak kerusuhan terhadap warga Muslim Rohingya terjadi empat tahun lalu. Sejak empat tahun lalu kerusuhan meningkat hingga pembunuhan, pembakaran rumah, sarana ibadah bahkan pemerikosaan bagi warga Muslim Rohingnya.

“Banyak orang dibunuh, tidak boleh shalat. Kalau shalat ditembak dibuhun. Kalau shalat dipenjara bertahun-tahun. Ada waktu shalat jumat, 10 orang dibunuh,” ujarnya.

Kondisi semakin parah beberapa saat sebelum keberangkatannya meninggalkan negaranya tiga bulan lalu. Ia ingat, dirinya dan ratusan orang lain meninggalkan negaranya menggunakan kapal tanpa tujuan yang jelas.

Satu-satunya tujuan kepergiannya adalah menyelamatkan diri dari kematian yang mengancam. “Mereka bunuh orang Islam. Habis dibunuh, dibakar dengan api,” katanya

Saat ini, ia hanya berdoa semoga keluarga yang ditinggalkannya dilindungi Allah SWT. Walauun di hatinya kecilnya ia sangat khawatir terjadi kejadian buruk yang menimpa keluarganya. “Semoga istri dan anak saya dilindungi Allah,” pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement