Selasa 26 May 2015 14:18 WIB

Sekolah Islam di Australia Makin Diminati

Australia
Foto: isrishtimes.com
Australia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekolah swasta mengajarkan Islam semakin diminati di Australia terlihat dari lonjakan jumlah siswa baru, yang terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Peningkatan itu jauh lebih besar daripada sekolah biasa karena orangtua di Australia menginginkan sekolah mengajarkan pendidikan agama terhadap anak mereka.

Pada saat ini terdapat 39 sekolah swasta Islam di seluruh Australia dan menurut data statistik Departemen Pendidikan Federal, jumlah siswa di sekolah Islam adalah 28.267 orang. Angka itu 82 persen lebih tinggi daripada jumlah siswa pada 2009 di 32 sekolah, yaitu 15.503 orang.

Secara nasional, jumlah siswa di sekolah seluruh Australia tumbuh enam persen pada 2009-2014 dan mencapai 3,7 juta orang.

Menurut data Perhimpunan Sekolah Islam di Australia (ISAA), hanya 25 persen siswa Muslim di Australia bersekolah di sekolah berbasis agama. Dengan kata lain, 75 persen siswa Muslim memilih bersekolah di sekolah biasa.

Presiden ISAA, Abdullah Khan, menjelaskan bahwa lonjakan siswa di sekolah Islam disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah pertumbuhan jumlah pendudu, dengan semakin banyak siswa Muslim berada di Australia bersama dengan orangtua mereka, yang bekerja di negeri itu dengan visa 457.

"Alasan akademik adalah fokus dari pilihan para orangtua, tapi juga nilai Islam serta pendidikan agama," katanya menambahkan bahwa banyak juga sekolah Islam di Australia yang kinerja akademiknya sangat bagus.

Seorang guru dari Tasmania yang lama meneliti sekolah-sekolah Islam, Dr Peter Jones, menjelaskan bahwa banyak orang tua Muslim yang menganggap anak-anak mereka akan lebih aman bersekolah di sekolah-sekolah Islam.

"Mereka merasa anak mereka akan sedikit lebih terlindungi dari lingkungan yang kurang ramah. Orang-orang di luar menarik hijab dan meludahi mereka," katanya.

Lonjakan tertinggi terjadi di kawasan luar kota Melbourne. Ilim College of Australia di Broadmeadows telah menerima murid 70 persen lebih tinggi dibandingkan 2009 hingga kini tercatat 1.514 anak sekolah di sana. Minaret College, di Springvale, Melbourne, juga jumlah siswanya melonjak 60 persen ke 1.502 anak pada 2014.

Sekolah Islam terbesar di Australia, Malek Fahd Islamic School di Greenacre, Sydney, tercatat jumlah siswanya naik 30 persen menjadi 2.412 anak.

Sekolah Langford Islamic College di Perth juga mengalami lonjakan siswa baru menjadi lebih dari 600 anak.

(T.E012)

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement