Jumat 03 Jul 2015 02:02 WIB

September 2015, Pameran Kartun Nabi Muhammad SAW Digelar di London

Rep: ahmad fikri noor/ Red: Damanhuri Zuhri
Kartun Nabi Muhammad
Foto: mg.co.za
Kartun Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kelompok antisyariah, Sharia Watch UK akan menggelar pameran kartun Nabi Muhammad SAW di London September 2015. Politisi Belanda Geert Wilders juga akan tampil pada pameran tersebut sebagai pembicara.

Pameran tersebut akan menampilkan kartun Nabi Muhammad SAW yang dikirimkan seniman dan pendukung majalah satir daring Vive Charlie. Direktur Sharia Watch Anne Marie Waters menyebut hal ini bukan untuk menyinggung orang melainkan perjuangan untuk kebebasan berekspresi.

"(Pameran) ini untuk menghormati kartunis, blogger, dan seniman dari seluruh dunia yang mempertaruhkan hidup dalam mempertahankan kebebasan berekspresi dan yang telah terbunuh dalam hal ini," ujar Waters seperti dikutip the Independent, Kamis (2/7).

Waters mengaku ratusan karya telah diterima pihaknya dan beberapa di antaranya akan ditayangkan dalam pameran nanti. Sharia Watch sampai saat ini belum mengumumkan lokasi pameran tersebut. Waters beralasan pameran tersebut merupakan tantangan dalam perjuangan kebebasan berekspresi.

Meski begitu, Waters mengaku tidak takut dengan adanya kemungkinan respons kekerasan. "Ini berkaitan dengan solidaritas juga. Semakin banyak kami melakukannya, maka ini akan semakin tidak kontroversial," ujar Waters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement