Rabu 08 Jul 2015 04:15 WIB

Sumbangkan Miliaran Dolar AS, Tokoh Ini Tetap Jadi Terkaya Dunia

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.
Foto: Reuters / Carlo Allegri
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

REPUBLIKA.CO.ID, OMAHA -- Seperti sudah menjadi ruitinitas, miliarder asal AS Warren Buffet kembali menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk donasi sosial. Musim panas tahun ini, setidaknya 2,8 miliar dolar AS Buffet sumbangkan untuk amal.

Sebelumnya, Buffet mengumumkan kepemilikan saham atas Berkshire Hathaway kelas B pada Senin (6/7) lalu. Sahamnya di Berkshire Hathaway ditutup pada 137,39 dolar AS pada Kamis lalu, dan membuatnya menambah kekayaan sebesar 2,84 miliar dolar AS.

Buffet kemudian menyumbangkan 2,8 miliar dolar AS pada musim panas tahun ini, lebih banyak dibanding musim panas tahun lalu sebesar 2,6 miliar dolar AS. Sumbangan Buffet ini diberikan melalui yayasan yang dimiliki Bill Gates dan Istrinya, Melinda Gates.

Sumbangan juga diberikan melalui yayasan keluarganya, termasuk Susan Thomson Buffet, Sherwood, Howard G Buffet, dan NoVo Foundations. Namun kekayaan Buffet tampkanya masih berlimpah.

Bahkan setelah menyumbang uang sebesar itu pun, Buffet masih menduduki posisi orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan 64,5 miliar dolar AS, selisih 2,6 miliar dolar AS dengan miliarder asal Spanyol Amancio Ortega.

Buffet bersama Bill Gates merupakan pendiri gerakan "Giving Pledge", yang mengajak orang-orang kaya di dunia untuk mendonasikan hartanya untuk amal. Hingga saat ini, dia telah menyumbangkan 25,5 miliar dolar AS. Dia pernah berjanji untuk menyumbangkan 99 persen harta miliknya untuk amal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement