Kamis 16 Jul 2015 11:41 WIB

NASA Temukan Gunung Es di Pluto

Pencitraan gunung es di permukaan Pluto
Foto: The Independent/NASA
Pencitraan gunung es di permukaan Pluto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan NASA yang tergabung dalam tim New Horizons menemukan gunung es yang besar di Pluto. Dilansir dari laman The Independent, pegunungan muda ini tingginya sekitar 11 ribu kaki. Temuan ini cukup mengejutkan ilmuwan NASA.

Gunung-gunung ini terbentuk kurang dari 100 juta tahun yang lalu. Menurut NASA, gunung ini masih bisa tumbuh. Pegunungan muda itu menunjukkan bahwa permukaan Pluto mungkin masih aktif dan bisa terus tumbuh. Ahli Geologi, Geofisika dan Pengindraan yang dipimpin oleh Jeff Moore telah membuat prdiksi usia berdasarkan kawah di planet kerdil tersebut. Ada beberapa tanda yang mungkin hilang oleh aktivitas geologi yang terjadi baru-baru ini.

"Ini adalah salah satu permukaan termuda yang pernah kami lihat di tata surya," ujar Jeff Moore dalam sebuah pernyataan.

Namun, para ilmuwan masih belum yakin bagaimana gunung es ini bisa terbentuk. Jika misteri ini berhasil dipecahkan, bukan tidak mungkin ilmuwan nantinya akan memiliki teori-teori baru yang menjelaskan mengenai kekuatan geologi yang menyebabkan terbentuknya gunung es di tempat lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement