Kamis 03 Sep 2015 16:49 WIB

Kapal Tenggelam di Malaysia, 14 Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah kapal tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Sebuah kapal tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sedikitnya 14 orang tewas ketika kapal tenggelam di pantai Malaysia, Kamis (3/9). Kantor berita Reuters melaporkan kapal tersebut membawa imigran ilegal asal Indonesia.

Kapal tersebut meninggalkan Sabak Bernam di Selangor Malaysia dan akan menuju Sumatra, Indonesia. Laksamana utama Badan Penguatan Maritim Malaysia, Muhammad Aliyas Hamdan mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan penumpang selamat.

Dari percakapan tersebut ia tahu penumpang berasal dari Indonesia. "Jika mereka legal, mereka tidak akan meninggalkan Malaysia dengan cara seperti itu," kata dia.

Diperkirakan ada lebih dari 100 orang di kapal yang tenggelam tersebut.

Muhammad mengatakan 15 orang diselamatkan oleh nelayan. Tak hanya Eropa, Asia Tenggara juga mengalami krisis imigran. Lebih dari 4.000 imigran sekarang ada di Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar dan Bangladesh.

Krisis imigran di Eropa termasuk yang terbesar dalam sejarah pengungsian sejak Perang Dunia kedua. Puluhan ribu orang pun tewas tenggelam ketika mencapai Eropa melalui laut Mediterania. Mereka kabur dari konflik dan perang di Timur Tengah, berharap masa depan yang lebih baik meski harus mempertaruhkan nyawa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement