Kamis 15 Oct 2015 10:30 WIB

Dapat Peringatan Rudal, Cathay Pacific Batal Terbang Lewati Iran

Pesawat Cathay Pacific
Foto: Republika/Musiron
Pesawat Cathay Pacific

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific membatalkan penerbangan melalui Iran dan Laut Kaspia setelah Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) mengeluarkan peringatan soal tembakan rudal di Suriah.

EASA memperingatkan seiring intensifnya serangan udara Rusia melawan ISIS. Pekan lalu, Rusia meluncurkan rudal dari kapal perangnya di Kaspia.

Cathay mengatakan pembatalan tersebut merupakan respon atas bahaya rudal.

"Mengingat situasi di lapangan, Cathay Pacific menunda seluruh penerbangan melalui Iran dan Laut Kaspia sejak Kamis lalu hingga pemberitahuan selanjutnya," katanya dalam pernyataan, dikutip Middle East Online, Rabu (14/10).

Maskapai tersebut mengatakan telah menerima saran baik dari EASA maupun Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) milik PBB. Cathay telah memiliki kebijakan jangka panjang untuk tidak terbang di atas Irak, Afghanistan, Ukraina dan Suriah.

Dalam buletin yang dirilis pekan lalu, EASA mengatakan misil yang ditujukan ke Suriah melewati wilayah udara Iran dan Irak di bawah rute terbang yang digunakan pesawat komersial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement