Ahad 29 Nov 2015 11:25 WIB

Rahasia Dinding Makam Firaun Terungkap

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nur Aini
Firaun
Firaun

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Arkeolog Mesir mengklaim telah menemukan makam dari Ratu Nefertiti, ibu tiri Tutankhaumun, raja Mesir atau Firaun. Makam Ratu Nefertiti ditemukan di balik dinding makam Tutankhaumun.

Dilansir dari Dailymail, peneliti memperkirakan Ratu Nefertiti wafat sekitar abad 14 SM. Penemuan ini dinilai akan menjadi berita luar biasa di Mesir.  Bukti-bukti temuan telah dikirim ke Jepang untuk dianalisis. Mereka berharap hasilnya dapat diketahui dalam waktu sebulan.

Menteri Kebudayaan Mesir Mamdoughal Damaty mengatakan sebelumnya pihaknya meyakini ada sesuatu di balik dinding makan. "Kami mengatakan sebelumnya agak yakin adanya benda berharga di balik dinding, tapi saat ini keyakinan kami capai 90 persen bahwa di balik dinding benar-benar ada sesuatu," ujar dia, Ahad (29/11).

Selama ini wajah Nefertiti telah diabadikan dengan patung berusia 3.300 tahun yang disimpan di Museum Berlin. Ahli radar Jepang Hirokatsu Watanabe melihat ada ruang kosong di balik dinding.

Sementara itu Peneliti Mesir asal Inggris Nicholas Reeves percaya makam Tutankhamun sebenarnya pernah digunakan oleh Nefertiti. Tutankhamun diyakini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan Firaun sebelumnya.

Baca juga: Misteri Kamar Rahasia di Makam Firaun

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement