Kamis 24 Dec 2015 12:03 WIB

Misteri Telur Bertentakel Merah Mirip Alien ini Terpecahkan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Teguh Firmansyah
Telur bertentakel merah yang disebut telur alien ternyata jamur.
Foto: Twitter/Dan Hoare
Telur bertentakel merah yang disebut telur alien ternyata jamur.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW FOREST -- Dunia maya Dihebohkan oleh  foto-foto telur bertentakel merah yang tampak seperti alien padahal ternyata hanya jamur biasa. Foto-foto jamur tersebut diunggah oleh penggemar satwa liar Dan Hoare dengan penjelasan telur alien menetas di New Forest, selatan Inggris.

Seperti dilansir dari Dailymail jamur yang mirip telur dengan tentakel ini sebenarnya bernama Clathrus Archeri atau jari iblis. Tumbuhan ini adalah sejenis jamur yang menyebar di Inggris. Jamur ini memiliki gelatin berbentuk telur di punggungnya.

Dari video terlihat empat hingga delapan cabang tubuhnya keluar dari telur tersebut. Saat keluar, tubuh jamur ini mengeluarkan bau busuk sehingga sering disebut gurita Stinkhorn. Jamur ini berasal dari Australia dan Selandia Baru.

Pertama kali ditemukan pada 1914 saat Perang Dunia Pertama di Prancis. Jamur ini kemudian terlihat di Cornwall, Inggris, 30 tahun kemudian.

Sejak saat itu, jari iblis menyebar di Bedfordshire, Hampshire, Kent, Suffolk, Surrey, dan Kepulauan Channel. Jamur ini disebarkan oleh lalat dan tumbuh di tanah, kayu yang membusuk, tunggul pohon tua, dan serasah daun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement