Kamis 25 Feb 2016 14:37 WIB

New York Kini Bukan Lagi Kota Para Miliarder

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Beijing. Ilustrasi
Foto: AP
Beijing. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Beijing mengambil alih posisi New York sebagai kota para miliarder, Kamis (25/2). Menurut laporan terbaru firma Hurun di Cina, untuk pertama kalinya Beijing memiliki jumlah miliarder terbanyak di dunia.

Total ada 100 miliarder hidup di ibu kota Cina tersebut. Sementara New York memiliki 95 orang. Shanghai yang merupakan pusat perdagangan Cina berada di posisi kelima.

Dikutip BBC, Hurun adalah perusahaan yang meneliti kekayaan dan kemewahan di Cina. Baru-baru ini Hurun meluncurkan Daftar Kekayaan Global selama lima tahun terakhir dengan menghitung kekayaan para miliarder dalam mata uang dolar AS.

Hurun menemukan Beijing memiliki 32 miliarder baru sejak tahun lalu sehingga jumlahnya bisa melebihi New York yang hanya menambah empat miliarder. Secara keseluruhan, Cina telah mengambil alih posisi AS dalam jumlah miliarder,

Namun, 10 miliarder tertinggi dalam daftar Hurun masih didominasi orang Amerika. Secara total, Cina memiliki 568 miliarder dan AS memiliki 535 orang. Kekayaan para miliarder Cina ini jika dikombinasikan mencapai 1,4 triliun dolar AS yang sama dengan produk domestik bruto (PDB) Australia.

Hurun mengatakan pria terkaya di Cina tetap Wang Jianlin yang kekayaannya diperkirakan mencapai 26 miliar dolar AS. Pria terkaya di dunia tetap Bill Gates yang kekayaannya berjumlah 80 miliar dolar AS, diikuti Warren Buffett dengan 68 miliar dolar AS.

 

Baca juga:

Bocah 6 Tahun Digigit Piton Saat Terlelap di Kamarnya

Badai Sapu Virginia, Tiga Tewas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement