Selasa 05 Apr 2016 06:03 WIB

Panama Papers Ungkap Dugaan Pencucian Uang Tokoh-Tokoh Dunia

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Panama Papers yang mengungkap dugaan pencucian uang yang dilakukan tokoh dunia
PM Islandia, Gunnlaugsson yang diduga melakukan pencucian uang seperti dalam Panama Papers.

Uang yang disalurkan melalui perusahaan luar negeri yang yuridiksinya bebas pajak, dua di antaranya secara resmi dimiliki oleh salah satu teman terdekat presiden Rusia. Pemain cello Sergei Roldugin telah mengenal Vladimir Putin sejak mereka masih remaja.

Dia juga adalah ayah baptis putri presiden, Maria. Di atas kertas, Roldugin secara pribadi telah membuat ratusan juta dolar keuntungan dari penawaran yang mencurigakan.

Data Mossack Fonseca juga menunjukkan bagaimana Perdana Menteri Islandia, Gunnlaugsson memiliki minat untuk melakukan tindakan ini. PM tersebut tidak ingin mengumumkan kekayaan istrinya dan sekarang menghadapi seruan untuk mengundurkan diri. Dia dituduh menyembunyikan jutaan dolar AS.

Gunnlaugsson dituduh menyembunyikan jutaan dolar dari investasi di bank negaranyake sebuah perusahaan luar negeri yang yuridiksinya bebas pajak. Bocoran dokumen menunjukkan, Gunnlaugsson dan istrinya membeli perusahaan tersebut pada 2007.

Gunnlaugsson sekarang menghadapi seruan untuk mengundurkan diri. Dia bilang, menurut sebuah dokumen yang ditandatangani istri Gunnlaugsson, Anna Sigurlaug Pálsdóttir pada 2015, dia tidak melanggar aturan apapun dan istrinya tidak mendapatkan keuntungan finansial dari keputusannya.

Sementara itu Mossack Fonseca mengatakan, perusahaan yang yuridiksinya bebas pajak, yang ada di seluruh dunia digunakan untuk berbagai tujuan yang sah. "Jika kami mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau kesalahan, kami cepat melaporkannya kepada pihak berwenang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement